• Ferianto sebagai narasumber lidig tahun 2023 dengan thema mengenal literasi digital sejak dini

    Pada Selasa, 11 April 2023 oleh Makin Cakap Digital akan diselenggarakan dengan tema "mengenal literasi digital sejak dini". 

    Mengahdirkan Narasumber :

    Ferianto, S.Hut

    (Founder Blogger Kubu Raya)

    Wahyu Septiawan

    (IT Support Ashento)

    Hani Purnawanti

    (Pengurus Rtik Jawa Barat)


    Dr. Saurmaida Gultom, M.Pd

    (Keynote Speaker)

    Hirza Zanuba

    (Moderator)


    Keamanan digital adalah perlindungan sistem digital, seperti komputer dan jaringan, dari penyadapan informasi, pencurian, atau kerusakan pada perangkat keras, perangkat lunak, atau data elektronik pengguna, serta dari gangguan atau penyesatan layanan yang diberikan.

    Keamanan data penting karena bisa mencegah penyalahgunaan data. Data atau informasi pribadi yang bocor sering kali disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Kebocoran KTP, misalnya, bisa disalahgunakan untuk 'pinjol', registrasi aplikasi yang tidak jelas, hingga pencurian uang.

    Keamanan digital menjadi isu yang santer dibicarakan belakangan ini, mengingat hampir semua aktivitas dilakukan secara online. Aset dan identitas seperti scan KTP atau SIM yang tersimpan secara digital rawan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Keamanan digital adalah salah satu upaya perlindungan aset dan identitas pribadi di media digital.

    Keamanan digital memiliki perbedaan yang fundamental bila dibandingkan dengan keamanan siber. Bila keamanan siber cenderung melindungi secara teknis baik dari jaringan, sistem komputer hingga penyimpanan dari akses yang tidak memiliki izin, keamanan digital secara spesifik memberikan jaminan keamanan informasi data pengguna.


    Meski sejumlah layanan online memiliki sistem keamanan digital yang mumpuni, tidak ada salahnya melakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah terjadinya pencurian data.

    Dalam aspek keamanan digital, pemahaman yang perlu dimiliki meliputi mengamankan perangkat digital, mengamankan identitas digital, mewaspadai penipuan digital, memahami rekam jejak digital, termasuk keamanan digital bagi anak dengan tidak sembarangan mengunggah foto dan identitas anak.

    Risiko keamanan informasi merupakan berbagai kemungkinan yang dapat disebabkan oleh ancaman informasi selama melakukan pelanggaran keamanan informasi. Timbulnya risiko keamanan informasi merupakan akibat dari tindakan yang dilakukan tanpa pemberian hak pengelolaan.

    Ancaman terhadap keamanan informasi digital dapat berupa malware. Malware adalah suatu software yang berbahaya karena dirancang untuk menghancurkan dan merusak komputer. Malware ini bisa berupa virus, spyware, ransomware, dan trojan. Peretasan termasuk ancaman terhadap keamanan informasi digital.

    Contoh Hukum Digital

    •Tidak merusak / memasuki sistem milik orang lain!

    •Tidak download file bajakan dalam bentuk apapun!

    •Tidak Menyebarkan virus!

    •Tidak mencuri identitas orang lain!

    •Tidak melakukan tindakan spamming!

    CARA MENJAGA KEAMANAN DIGITAL 

    1. Simpan Data secara Offline

    Jangan pernah menyimpan informasi pribadi seperti scan KTP, SIM atau Kartu Keluarga secara online atau bahkan di media sosial. Saat ini memang ada banyak layanan cloud yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data secara online.

    2. Pilih Website yang Aman

    Ada kalanya mungkin Anda membutuhkan data pribadi untuk dibagikan sebagai syarat-syarat registrasi atau sejenisnya. Sebelum mengirimkan data, periksalah keamanan website tersebut. Pastikan website yang Anda pakai minimal memiliki sertifikat SSL di dalamnya. Untuk mengetahui apakah suatu website memiliki sertifikat SSL, Anda cukup melihat ikon gembok yang terdapat di ujung paling kiri kolom URL.

    3. Pakai Kata Sandi yang Kuat

    Apakah Anda termasuk orang yang menggunakan tanggal lahir sebagai kata sandi atau PIN untuk sejumlah layanan online? Jika iya, maka segeralah ganti kata sandi tersebut dengan kata sandi lain yang sulit ditebak.

    4. Gunakan Enkripsi Pada Aset Digital

    Sistem enkripsi untuk aset digital biasanya dipakai oleh seniman-seniman digital yang ingin mempromosikan hasil karya mereka tanpa risiko karya tersebut dicuri orang lain. Keberadaan enkripsi ini akan mencegah orang lain untuk mengklaim data yang Anda miliki.

    5. Cek Kembali Link Tak Dikenal

    Jangan asal mengklik link yang diberikan oleh orang tak dikenal. Link-link seperti ini ditakutkan merupakan link jebakan yang mengarahkan seseorang menuju ke situs berbahaya. Website tujuannya dapat berupa situs phishing yang tampilannya mirip dengan website aslinya. Jangan sampai Anda telanjur memasukkan data-data pribadi sebelum memastikan apakah link tersebut benar-benar asli dan kredibel.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lakukan apa yang bisa kamu lakukan, dengan apa yang kamu miliki, untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

    ADDRESS

    Jalan Kuala Dua, Supadio-Kubu Raya

    EMAIL

    feri@yale.sch.id
    ferianto@airnavindonesia.co.id

    TELEPHONE

    +62 896-9395-0127
    +62 895-2878-9706

    MOBILE

    +62 896-9395-0127
    +62 895-2878-9706