• Ferianto, S.Hut Sebagai Moderator di kegiatan Literasin Digital di SMKN 1 Bringin

     



    "Literasi Digital Bagi Pendidik dan Peserta Didik " akan menjadi tema utama dalam kegiatan Seminar Literasi Digital Sektor Pendidikan di SMKN 1 Bringin 

    Senin, 10 April 2023 Pukul 09:00 s.d 12:00 WIB

    Menghadirkan :

    Suranto Wahyu Nugroho, ST., MT

    (WAKASEK SARPRAS SMKN 1 Bringin)

    Fetty Kurniawati, S.I.Kom., M.I.Kom

    (Ketua Relawan TIK Ngawi)

    Muhammad Arifin 

    (Pandu Digital Indonesia Badge Biru)

    Moderator:

    Ferianto, S.Hut

    (Direktur Yale Communication | Founder Komunikasi Blogger Kubu Raya | Ketua Relawan TIK Provinsi Kalimantan Barat

    Apa itu? Moderator adalah istilah umum dalam dunia kajian, musyawarah, dan kongres yang mengacu kepada seseorang yang bertindak sebagai penjembatan, penengah, pemandu, dan pengendali ketika sebuah acara sedang berlangsung supaya acara tersebut dapat berjalan dengan tertib.


    Literasi digital adalah kecakapan yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk dalam pembelajaran bersosialisasi, sikap berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetisi digital.

    Seminar Literasi Digital bertujuan agar masyarakat memiliki pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi atau jaringan untuk menemukan dan mengevaluasi informasi, secara bijak, cerdas, sehat dan tidak melanggar hukum.

    Literasi digital akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif. Sehingga, mereka tidak akan mudah tertipu yang berbasis digital seperti menjadi korban informasi hoaks.

    Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi digital terdapat empat indikator, yaitu pencarian internet (74,92 %), pandu arah hypertext (72,63 %), evaluasi konten informasi (77,47%), dan penyusunan pengetahuan (76,78 %). Tingkat kemampuan literasi digital siswa pada pembelajaran daring dikategorikan tinggi.

    Strategi yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan literasi digital siswa, yaitu perubahan metode pembelajaran, perubahan media pembelajaran, meningkatkan karakter dan tanggung jawab siswa dalam menggunakan media digital sebagai sarana pembelajaran.

    Dampak positif terknologi digital antara lain mempercepat komunikasi dan mempermudah pekerjaan, sedangkan dampak negatifnya antara lain menumbuhkan individualisme, fitnah, dan sikap anti sosial.

    Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

    •Mulailah Berpikir Kritis. •Langkah pertama sebagai cara meningkatkan kemampuan literasi digital adalah dengan mencoba berpikir kritis.

    •Menguasai Finding Information.

    •Manfaatkan Media Sosial untuk Belajar dan Berkolaborasi.

    •Memahami Digital Culture.

    •Menjadi Aman di Internet.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lakukan apa yang bisa kamu lakukan, dengan apa yang kamu miliki, untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

    ADDRESS

    Jalan Kuala Dua, Supadio-Kubu Raya

    EMAIL

    feri@yale.sch.id
    ferianto@airnavindonesia.co.id

    TELEPHONE

    +62 896-9395-0127
    +62 895-2878-9706

    MOBILE

    +62 896-9395-0127
    +62 895-2878-9706