• Ferianto, S.Hut Narasumber Literasi Digital 2023 dengan Tema CYBERBULLYING Apa itu dan bagaimana cara menghentikan nya

     


    Pada Kamis, 24 Maret 2023 oleh Makin Cakap Digital akan diselenggarakan dengan tema CYBERBULLYING "apa itu dan bagaimana cara menghentikan nya". Pasti kalian bertanya tanya apa itu CYBERBULLYING? adalah perilaku agresif dan bertujuan yang dilakukan suatu kelompok atau individu, menggunakan media elektronik, secara berulang-ulang dari waktu ke waktu, terhadap seseorang yang dianggap tidak mudah melakukan perlawanan atas tindakan tersebut.

    Makin Cakap Digital ini adalah program untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

    Makin Cakap Digital meliputi berbagai kompetensi cakap digital yang harus dikuasai yaitu terkait cara mengakses, memanfaatkan, memahami, dan mendistribusikan internet.

    Problem teknologi digital saat ini di antaranya tentang polemik proses produksi dan distribusi pesan, orang jauh lebih berani, money oriented, kurang maksimalnya verifikasi konten, dan kurangnya rasa kemanusiaan serta empati. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan literasi media digital, regulasi yang jelas melindungi berbagai kepentingan, dan hukuman bukan hanya untuk pelaku tetapi juga platform media digital yang digunakan.

    Tujuan dari Makin Cakap Digital ialah dapat membantu seseorang dalam berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkomunikasi dengan lancar. Selain itu, literasi digital juga dapat memberikan kesempatan kepada seseorang untuk berkolaborasi dengan banyak orang.

    Salah satu contoh literasi digital yang umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari ialah penggunaaan perangkat elektronik seperti komputer , ponsel pintar, dan aplikasi pribadi. Hal tersebut secara tak langsung mengasah kemampuan digital individu dalam mengintegrasikan alat dengan rutinitas harian.

    Literasi digital juga merupakan sebuah hal yang penting untuk diketahui, dipahami kemudian dibagikan kepada orang lain agar manfaat kebaikannya dapat dirasakan bersama. Seperti literasi digital yang dimiliki oleh orang tua wajib dicontohkan juga kepada anaknya.

    Dampak positif terknologi digital antara lain mempercepat komunikasi dan mempermudah pekerjaan, sedangkan dampak negatifnya antara lain menumbuhkan individualisme, fitnah, dan sikap anti sosial.

    Manfaat nya ialah :

    • Meningkatkan kemampuan individu menjadi lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi.

    • Menambah penguasaan kosa kata dari berbagai informasi yang dibaca.

    • Meningkatkan kemampuan verbal individu.

    • Meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lakukan apa yang bisa kamu lakukan, dengan apa yang kamu miliki, untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

    ADDRESS

    Jalan Kuala Dua, Supadio-Kubu Raya

    EMAIL

    feri@yale.sch.id
    ferianto@airnavindonesia.co.id

    TELEPHONE

    +62 896-9395-0127
    +62 895-2878-9706

    MOBILE

    +62 896-9395-0127
    +62 895-2878-9706